Akses WhatsApp Dengan VPN? Menkominfo: Bahaya!
Menkominfo Rudiantara usai bertemu pimpinan KPK. ©2018 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Saturepublik.com – Pasca aksi 22 Mei, akses ke sosial media seperti WhatApp dibatasi. Namun, para pengguna internet di Indonesia mengakalinya dengan menggunakan VPN. Menkominfopun menyarakan untuk tidak menggunakan VPN untuk mengakses WhatApp, dan media sosial lainnya.

“Kami sudah memperhitungkan salah satunya melalui VPN, selalu dikatakan bisa bypass lewat VPN, namun hindari VPN karena (kalau kita menggunakan) VPN gratis bisa terdampak terbukanya data-data pribadi,” tutur Rudiantara dalam wawancara dengan Kompas TV, Kamis (23/5/).

Rudiantara menyebutkan, penggunaan VPN bisa menjadi akses bagi masuknya malware ke smartphone.

“Kalau gratis, hindari. Pokoknya hindari menggunakan aplikasi WhatsApp melalui VPN,” ucap Rudiantara.

Rudiantara mencontohkan penggunaan VPN yang marak dilakukan di Tiongkok karena akses terhadap aplikasi-aplikasi luar yang diblokir.

“Di Tiongkok, WhatsApp tidak bisa, tetapi menggunakan VPN bisa, tetap berbahaya memakai VPN,” tegasnya.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Akses WhatsApp Pakai VPN Gratis

Rudiantara mengatakan, meskipun ada VPN yang berbayar, lebih baik dihindari penggunaannya.

“kecuali pengguna internet mau membayar sebesar Rp 2-3 juta untuk mengakses VPN berbayar, lebih baik mereka menghindari penggunaan VPN”. kata Rudiantara.

Terpisah, Belum diketahui pasti kapan pemerintah akan membuka akses penuh terhadap media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp, Rudiantara mengatakan jika situasi dirasa sudah kondusif

“Saya tidak bisa tetapkan besok atau lusa (membuka akses ke media sosial), saya harap situasi kembali normal,” tuturnya.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here